Tips Merawat Komputer


Pasti kalian semua sudah sering menggunakan komputer kan? ( ya iyalah, sekarang aja lagi dipkae buat browsing.. --a). Kalau iya, apakah kalian tau cara merawat komputer agar tetap stabil dan memiliki kinerja yang performa alias ngebut? Nih, saya kasih tips, untuk kalian supaya bisa merawat dan menjaga komputer agar tetap awet.

  1. Lakukan defragment hardisk secara rutin. defrag adalah proses pengurutan file secara sedemikian rupa sehingga meningkatkan kinerja harddisk. Caranya Start>Program>Accessories>System tool>Disk Defragmenter. Saat proses defrag, tidak boleh ada satu aktifitas di komputer, atau akan mengacaukan defrag tersebut.
  2. Pasang antivirus dan update antivirus secara berkala. Langkah ini memproteksi komputer kita dari hal-hal yang berbeda alam. Contohnya Virus, Spyware, Trojan, software memory resident dan lain-lain.Satu hal yang perlu diingat adalah Install antivirus cukup satu per komputer. kalo engga, antivirus akan saling 'bertubrukan' dan menyebabkan komuter sering mengalami Hang/Freeze/Lemot.
  3. Aktifkan screensaver untuk merawat layar kamu. Kalo layar terus-terusan nampilin gambar yang sama, otomatis layar akan mengeluaran fosfor ditempat yang sama pula yang menyebabkan layar kamu jadi buram setengah. Lain halnya kalo kamu udah pake LCD/LED.
  4. Jangan biarkan CPU kamu berada ditempat yang sempit. Jika CPU berada ditempat yang sempit, maka ventilasi CPU berkurang dan bikin CPU kamu cepet panas. Jarak minimum CPU ke alat-alat lain atau Tembok kurang lebih 30cm.
  5. Pakai UPS atau starvolt. UPS memproteksi harddisk kamu dari kerusakan yang disebabkan oleh matinya listrik secara tiba-tiba. Kalo ngga, minimum pake starvolt. Starvolt melindungi komputer kamu dari naik turunnya listrik. 
  6. Tutup program yang ngga kamu gunain lagi. Program yang terbuka dan didiamkan akan membuat memori komputer kamu untuk bekerja lebih keras dari biasanya yang berujung pada berkunjungnya kamu ke toko servis komputer. 
  7. Bersihkan recycle bin secara berkala. Ini untuk menghemat penggunaan memori harddisk kamu.
  8. Jangan naruh speaker aktif deket deket sama LCD. speaker aktif memancarkan medan magnetis yang berpengaruh kepada monitor kamu yang bikin layar komputer kamu belang belang. sama halnya dengan HP dan alat lain yang memancarkan medan magnetis.
  9. bersihkan bagian-bagian dalam komputer kamu secara berkala. Debu-debu yang menempel pada komponen PC dapat mengganggu kinerja komputer tersebut. Apabila casing nyetrum, ujung satu dihubungkan dengan casing sedangkan ujung yang lain ditanam dalam tanah. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yang keluar sehingga dapat membuat komponen komputer lebih awet. 
  10. Uninstall atau buang program yang nggak berguna.Ruang harddisk yg terlalu banyak kepake akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak.