Tips Merawat DVD

Buat yang punya koleksi CD/DVD bagus dan asli (bukan bajakan lho..!) saying kan kalo koleksi kamu rusak? Yang biasa terjadi adalah rusak karena jamur atau goresan. Makanya, disini saya akan membeberkan (kayak rahasia aja) tips untuk merawat DVD/CD supaya awet.

  1. Simpan DVD kedalam casingnya sehabis pakai. Menyimpan DVD secara sembarangan dapat merusak DVD, biasanya sih kegores, keinjek, dan sebagainya. Atau kalo mau rapih, bisa disimpen di rak CD atau DVD.
  2. Jangan menyentuh permukaan DVD. Pegang ujungnya aja. Kalo kesentuh sekali sih gak papa. Cuma kalo sering, sidik jari kita nempel dan bikin DVD kita cepet rusak.
  3. Temperatur tinggi dan kelembapan merupakan masalah yang sering dihadapi oleh DVD collector. Jika disimpan di tempat yang lembab, maka akan timbul jamur yang menghalangi jalur masuk ke optik. Akibatnya, DVD ga bisa dibaca. Antisipasinya adalah sebelum menggunakan DVD, biarkan lembab tersebut menguap dengan sendirinnya.
  4. Jaga agar DVD dalam keadaan bersih saat akan digunakan. Pastikan pula tidak ada goresan di DVD yang menyebabkan lemahnya optik.
  5. Jangan menulis di DVD menggunakan spidol atau ballpoint. Dan juga jangan menempelkan selotip ke DVD. Karena saya pernah kejadian, nempelin selotip, pas ditarik selotipnya, keangkat juga yang di DVDnya. T-T
  6.  Lakukan perawatan secara berkala. Misalnya 2 bulan sekali dengan cara membuka dan mengecek seluruh DVD kita apakah ada debu yang masuk atau tidak. Lakukan secara rutin dan DVD kamu akan aman damai sentosa.