Tips Sukses Kuliah

Lulus SMU, kita pasti tentunya ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dong..? Tentunya kalau tidak Universitas, Sekolah Tinggi, ataupun instansi-instansi lain yang pastinya menjurus ke pendidikan tinggi sebagai mahasiswa.

Kali ini, saya akan memberikan beberapa tips untuk sukses dalam perkuliahan, khususnya untuk mahasiswa baru yang harus beradaptasi dari lingkungan SMU ke lingkungan kampus. Berikut tipsnya:
  1. Yang pertama yang harus kita perhatikan betul-betul adalah Niat. Untuk apa kita kuliah? apakah untuk main-main? Atau hanya sekedar pengisi waktu? Atau justru dijadikan sarana untuk mencari jodoh? Tanamkan niat kalian untuk kuliah bukan semata-mata untuk hal sepele. melainkan untuk belajar.
  2. Jadikan kuliah sebagai hal yang menyenangkan dan jangan anggap kuliah sebagai momok baru dalam hidup. Otomatis, kita akan menikmati kuliah dan pelajaran pun akan mudah untuk diingat/dipelajari.
  3. Pintar-pintarlah bergaul dan memilih teman. masa-masa kuliah adalah masa dimana teman sangat menentukan masa depan. Apabila kita salah bergaul, maka kita akan terjerumus.
  4. Pahami apa yang dosen terangkan di dalam kelas. Usahakan untuk menyukai mata kuliah tersebut. karena apabila dari awal kita sudah tidak suka dengan dosen/mata kuliahnya,bagaimana materi bisa masuk ke otak?
  5. Ikuti organisasi yang JELAS, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa. Pada dasarnya,saat berorganisasi, kita akan dituntut untuk lebih kritis dan realistis. Dan juga kita menjadi paham akan sosialisasi dan organisasi.
  6. Menjadi mahasiswa membutuhkan tenaga ekstra, oleh karena itu, imbangi aktifitas kuliah yang banyak dengan makan makanan yang bergizi dan minum multivitamin bila perlu.
  7. Mengatur waktu dengan baik adalah kunci utama untuk sukses menjadi mahasiswa.