Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

Dalam postingan kali ini, saya akan sedikit menjelaskan fenomena pelapisan sosial dalam masyarakat dan efeknya terhadap kesamaan derajat manusia dalam kehidupan sehari-hari. silahkan dicek.

Masyarakat terbentuk dari individu individu yang memiliki latar belakang yang berbeda. masyarakat masyarakat yang berbeda latar belakang ini akan membentuk suatu masyarakat heterogen yang terdiri dari kelompok-kelompok sosial. Dengan munculnya kelompok-kelompok sosial ini, akan terbentuk suatu pelapisan masyarakat atau perbedaan dalam kehidupan kemasyarakatan serta muncul masyarakat yang berstrata.


Istilah Stratifikasi atau pelapisan sosial berasal dari kata Stratum atau Strata yang berarti lapisan. karena itu, dapat disimpulkan bahwa Social Stratum memiliki arti yakni pelapisan Masyarakat. Seorang Individu dapat dikatakan satu Stratum dengan individu lainnya apabila mereka memiliki status yang sama menurut ukuran masyarakat.


Walaupun dalam masyarakat timbul adanya pelapisan sosial yang membedakan individu satu dengan yang lainnya, setiap individu dalam suatu warga negara memiliki kesamaan derajat di beberapa bidang. Contohnya memiliki Hak Asasi Manusia yang sama, memiliki derajat yang sama di mata hukum, dan memiliki tugas serta kewajiban yang sama sebagai warga negara.